RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester :
I/I
Tahun Ajaran :
2013/2014
Alokasi Waktu :
60 menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami
identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi Identitas Diri, Keluarga, dan
Kerabat.
III.
Indikator
1.
Menjelaskan
identitas diri sendiri.
2.
Menyebutkan
anggota keluarga yang tinggal serumah.
3.
Menyebutkan
kerabat-kerabat dekat yang dimiliki.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menjelaskan identitas diri sendiri.
2.
Siswa dapat
menyebutkan anggota-anggota keluarganya yang tinggal serumah.
3.
Siswa dapat
menyebutkan kerabat terdekatnya.
V.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian identitas diri dan keluarga
Identitas diri yaitu cirri-ciri ataupun
data-data tentang diri seseorang untuk mengenali seseorang. Keluarga adalah
kerabat, orang yang dekat dan memiliki hubungan darah dengan kita.
2. Pengenalan identitas diri
Diantaranya mengenalkan nama lengkap, nama
panggilan, umur, hobby, dan cita-cita
3. Pengenalan anggota keluarga dan kerabat.
Yaitu dari siapa saja anggota keluarga yang tinggal serumah, seperti ayah, ibu, kakak, dan adik. Serta kerabat-kerabat keluarga lainnya seperti
saudara dari ayah dan ibu.
VI. Alokasi Waktu
35 Menit.
VII.
Strategi dan Metode
1.
Strategi
pembelajaran :
Active Knowledge Sharing (Saling Tukar
Pengetahuan)
2.
Metode
pembelajaran:
a.
Ceramah
b.
Tanya Jawab
c.
Demontrasi
d.
Pemberian Tugas
VIII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Berdo’a
·
Mengisi daftar
hadir kelas.
·
Mempersiapkan
materi ajar, model dan alat peraga.
·
Mengingatkan
cara duduk yang baik dan benar serta periksa kebersihan kelas.
B. Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
· Guru
menjelaskan apa itu nama lengkap dan nama panggilan.
· Guru
menjelaskan bagaimana mengetahui umur.
· Guru
menjelaskan mengenai hobby dan cita-cita.
· Guru menyebutkan dan menjelaskan siapa saja
yang menjadi anggota kelurga dan siapa saja kerabat-kerabat lainnya.
2. Elaborasi
· Guru membagi
siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang
· Setiap kelompok maju ke depan bergiliran untuk memperkenalkan dirinya dan siswa
lainnya memperhatikan dengan seksama pengenalan diri temannya.
· Guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait
materi pelajaran dan pengenalan diri teman-temannya tadi.
· Siswa masing-masing menjawab pertanyaan dengan
diperbolehkan saling membantu dengan teman sekelompok.
· Kemudian siswa
membacakan jawabannya dan guru membenarkan jawaban jika ada yang salah
3. Konfirmasi
· Guru melakukan
tanya jawab dengan siswa mengenai hal-hal yang belum dimengerti siswa.
· Guru
menjelaskan jika terdapat kesalahpahaman serta memberikan penguatan atas
jawaban siswa.
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
· Menyimpulkan
materi yang telah diajarkan.
· Melaksanakan
post test.
· Memberikan
PR/tugas membuat silsilah keluarga.
· Berdo’a
IX. Penilaian
a.
Penilaian
Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
1
|
2
|
||||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
b.
Penilaian
Hasil
-
Jenis
Tes : Tertulis
-
Bentuk
Tes : Essai dan Pilihan Ganda
-
Alat
tes : Soal – Soal
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a b
atau c jika merupakan jawaban yang benar
1. Yang melahirkan kita adalah ……..
A ayah
B ibu
C nenek
2. Keluarga tinggal di …………
A rumah
B taman
C kebun
3. Ayah ibu dan dua orang anak disebut ……….
A catur darma
B catur warga
C main catur
4 .ayah bekerja untuk mencari …….
A nafkah
B teman
C hiburan
5 .yang mengurus kita waktu bayi adalah…………..
A ayah
B ibu
C nenek
II.
Jawablah pertanyaan berikut ini
1. Anak orang tua kita yang lahir setelah
kita disebut …….
2. Ayah dari ibu atau bapak adalah ………
3 .Istri kakak laki laki kita disebu………
4. Adik perempuan ibu atau bapak adalah………….
5. Anak paman atau bibi disebut ………..
-
Kunci Jawaban
I.
Pilihan
Ganda
1. B
2. A
3. A
4. A
5. B
II.
Essai
1. Adik
2. Kakek
3. Kakak Ipar
4. Bibi
5. Sepupu
X. Media dan Sumber Belajar
A.
Media:
· Gambar anggota
keluarga dan kerabat
B.
Sumber:
·
Buku:
IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas I, penerbit Erlangga.
Mengetahui, Pontianak, Juni 2014
Dosen Pembimbing Guru Kelas 1,
( ) ( )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar